Fatchurrohman
Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta
Abstract
Consumerism has become an important issue in consumer behavior. Consumerism known as a social movement to strengthen the rights and powers of buyers in relation to sellers. There are three institutions which have major role in consumerism, they are consumer organization, government and company. Consumer organization gives information and advocacy to consumer. Government have a responsible in the regulation and legislation of consumer rights. Finally, company have their own role to enforce self regulation about consumerism. Consumerism has developed into green consumerism. It means that consumer emphazises their attention in the environment issue. Consumerism has a major implication to the marketing management in a company. One of them is more attention in producing safe product by the company. Developed country implements consumerism in day to day company strategies while developing countries consider this as a new emerging issue.
PENDAHULUAN
Paradigma manajemen pemasaran modern mengemukakan tujuan perusahaan adalah memberikan kepuasan kepada konsumen. Perusahaan yang menyampaikan value kepada konsumen berarti memberikan kepuasan konsumen. Untuk melakukan hal ini perusahaan perlu mengenali kebutuhan konsumen, caranya dengan mengaktifkan marketing intellegence (Kotler, 2000). Perusahaan kemudian menerapkan sebuah konsep yang disebut customer orientation. Customer orientation adalah tanggung jawab dari seluruh departemen dalam perusahaan bukan hanya departemen pemasaran, dimana setiap departemen fungsional berpartisipasi aktif dalam market intelligence, diseminasi, dan dalam pengembangan kebijakan marketing mix yang tepat (Balakrishnan, 1996). Berdasarkan pengertian ini seharusnya kepentingan konsumen diutamakan. Kepentingan ini bukan hanya untuk meningkatkan profit perusahaan, namun juga peningkatan kualitas hidup konsumen. Peningkatan kualitas hidup konsumen bermakna luas, karena tidak hanya kehidupan material saja, melainkan juga kehidupan spiritual dan sosial. Namun, kenyataan yang kita lihat dunia bisnis mengeksploitasi konsumen secara berlebihan. Kita bisa melihat contoh riil dalam kehidupan kita sehari-hari. Maraknya produk-produk dengan berbagai daya tariknya. Stimuli melalui iklan dan ...
DOWNLOAD HERE
0 comments:
Post a Comment