Arif Julianto Sri Nugroho
Fakultas Ekonomi Universitas Widya Dharma Klaten
source: BENEFIT, Jurnal Manajemen dan Bisnis, Volume 10, No. 2, Desember 2006

Abstract
This study describes the effect of asset structures and capital structures on bank financial performance. Recently, bank financial performance could be seen through bank’s financial report published on mass media. The measurement criterias of bank performance are established by Bank Indonesia based on five aspects of CAMEL ie capital adequacy ratio, assets quality, management, earnings power and liquidity.

This research involves 15 Public Banks and 15 BPR’s at Klaten as samples. The sample periods in this research is one year 2005. The result shows that the capital adequacy ratio, assets quality,

This research involves 15 Public Banks and 15 BPR’s at Klaten as samples. The sample periods in this research is one year 2005. The result shows that the capital adequacy ratio, assets quality, rentability or earnings power, liquidity are not influenced by assets structures and capital structures

PENDAHULUAN
Statement of Financial Accounting Concept No. 1 menyatakan bahwa pelaporan keuangan harus mampu memberikan informasi tentang kinerja perusahaan selama periode tertentu, yang terutama bermanfaat bagi investor dan kreditor untuk penilaian terhadap prospek perusahaan tersebut di masa yang akan datang. Kinerja (performance) menurut kamus bisnis dan manajemen didefinisi-kan sebagai hasil nyata yang dicapai, kadang-kadang dipergunakan untuk menunjukkan dicapainya hasil positip (Tunggal, 1995).

Di samping itu, penilaian kinerja operasi suatu perusahaan juga sangat diperlukan oleh stake holder yang lainnya, misalnya oleh pemerintah, karyawan, dan pihak-pihak lain yang mempunyai kepentingan baik langsung maupun tidak langsung terhadap eksistensi perusahaan untuk penetapan kebijakan perpajakan, pembuatan berbagai regulasi, dan pemberian fasilitas, yang akan berpengaruh terhadap perekonomian secara makro. Karyawan berkepentingan terhadap kinerja operasi perusahaan untuk menjamin kelangsungan kerja mereka, dan menjamin kesejahteraannya. Para analis, underwriter, dan konsultan di bidang keuangan juga memerlukan kinerja operasi suatu perusahaan untuk kepentingan bisnisnya. Meskipun pelaporan bank sudah cukup transparan, namun masih banyak pihak yang merasa tidak paham bagaimana menilai kinerja operasi bank yang baik.

Download Abstract & Preface in pdf here

0 comments:

Post a Comment